Buat Kamu Anak Jogja yang Ingin Mengabdi, 10 Komunitas ini Bisa Jadi Wadah Terbaikmu

Anies Baswedan pernah berkata, “Berhenti mengecam kegelapan, nyalakan lilin”, kalimat ini adalah semacam motivasi bagi anak-anak muda Indonesia agar mereka bisa lebih peduli terhadap keadaan sesama keluarga se-tanah air yang notabene kurang beruntung dalam bidang pendidikan. Anies Baswedan pun kemudian mendirikan Indonesia Mengajar, sebuah gerakan mengajar yang fokus untuk mengembangkan pendidikan di daerah-daerah terpencil. Gerakan ini pun membesar hingga dikenal di berbagai wilayah di Indonesia. Gerakan yang dipelopori oleh bapak Menteri Pendidikan kita ini bisa dikatakan sebagai komunitas mengajar yang paling terkenal di Indonesia. Akan tetapi, seleksi untuk menjadi pengajar disini cukup ketat lo. Dari 7000 orang yang mendaftar setiap tahun, hanya sekitar 50 orang yang akan diterima dan ditempatkan di berbagai daerah terpencil di Indonesia.

Eittss.. Tapi komunitas mengajar itu nggak Cuma Indonesia Mengajar lho….

Dalam program Talk Show Ayo Mengajar yang diadakan oleh LEM FIB UGM kemarin, tepat pada Hari Pendidikan Nasional, ada banyak komunitas mengajar yang selain hadir, juga mengisi stand untuk memperkenalkan bentuk kegiatan mereka. Dari kegiatan ini kita jadi tahu bahwa ternyata Jogja punya banyak sekali komunitas mengajar. Mereka nggak kalah hebat lo dengan Indonesia Mengajar-nya Pak Anies. Mereka sama-sama peduli pada sesama, memiliki jiwa sosial yang tinggi, bahkan memiliki program-program yang sangat kreatif. Kamu bisa kok gabung sama mereka. Komunitas apa aja sih yang dimaksud?

 1.     Akademi Berbagi

Dimulai sejak Juni 2010, Akademi Berbagi adalah kelas belajar gratis tentang berbagai hal: menulis, fotografi, jurnalistik, advertising, komunikasi dan seterusnya. Semua kelas free. Peserta tidak dipungut biaya, guru tidak dibayar, tempat juga meminjam. Semua dilatari semangat berbagi—karena berbagi bikin happy.

 Picture1

Twitter          : @akademiberbagi

Fb FanPage  : Akademi Berbagi

Blog                : akademiberbagi.org

E-mail             : akademiberbagi@gmail.com

 

2.     Jogja Menyala

Indonesia Menyala merupakan sebuah Organisasi yang berada di bawah Indonesia Mengajar. Indonesia Menyala memiliki anggota volunteer atau sukarelawan yang di tiap-tiap daerah memiliki Korwil. Untuk Yogyakarta lahirlah dengan nama resmi Jogja Menyala dan berbentuk Komunitas. Komunitas kita peduli dengan pendidikan di Indonesia, selain mengirimkan buku di tempat penempatan Pengajar Muda dimana sekolahnya sangat kekurangan buku yang layak. Komunitas tersebut juga mengupayakan berdirinya Perpustakaan Desa, Gizi dan Kesehatan Anak-anak dan sebagainya.

 jogja-menyala-feature-720x340

 

Twitter          : @PenyalaJogja

FB                   :Jogja Menyala

PIN BB           :314A2F9D

 

3.     RUMAH KAGEM

Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi (KAGEM) Yogyakarta merupakan lembaga nonprofit yang bergerak diberbagai kegiatan: sosial, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat. Lembaga ini dibangun dengan semangat berbagi kepada sesama anggota masyarakat terutama bagi mereka yang membutuhkan.Yayasan ini berdiri tanggal 19 Oktober 2011 dan baru diumumkan secara resmi kepada masyarakat luas pada tanggal 22 Januari 2012.

 YRBK-Kagem-23924CBypOtgUMAA8Jhs.jpg-large

Blog                : kagemjogja.org

E-mail             : yrbk.kagem@yahoo.com

Telpon             : +62 274 4362525

 

4.     Komunitas Book For Mountain

Komunitas Book For Mountain lahir diawali adanya sebuah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan UGM pada 2010. Saat itu bagian kelompok KKN yang ditempatkan di Lombok Timur memiliki sebuah program untuk membangun perpustakaan di sekolah yang berada pada lokasi tersebut. Hal ini semata-mata karena melihat bahwa di lokasi tersebut memang belum terdapat perpustakaan yang menjadi ruang baca anak-anak, akhirnya didirikanlah enam perpustakaan di sekolah yang berbeda.

 

Kegiatan BFM antara lain:

  1. Project Pembangunan Perpustakaan. Project ini merupakan kegiatan utama Komunitas BFM. Hingga kini sudah 20 perpustakaan yang dibangun di berbagai pelosok di Indonesia.
  2. Sekolah Berjalan. Sebuah kegiatan yang dilakukan dua minggu sekali di berbagai tempat pelosok di wilayah Daerah Istimewa Yoyakarta dan sekitarnya.
  3. Bedah Perpustakaan. Sebuah kegiatan yang dilakukan ketika memang ada tempat-tempat yang memang membutuhkan bantuan dalam pengaturan perpustakaan atau rumah baca yang dimiliki.
  4. Voluntourism. Sebuah kegiatan yang ditujukan untuk para traveller yang ingin berbagi. Sebuah kegiatan yang menggabungkan tourism dan menjadi volunteer untuk mengajar anak-anak.
  5. Hari Kumpul Buku. Sebuah kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat mendonasikan bukunya sekaligus berkumpul dengan donatur lainnya dan relawan BFM.

Komunitas-Book-For-Mountain5

Twitter          : @komunitas_BFM

Blog                : jogjastudent.com

Website         : bookformountain.tumblr.com

 

5.     YAYASAN DUNIA DAMAI MUSEUM ANAK KOLONG TANGGA

Adalah sebuah organisasi sosial non-profit yang bergerak di bidang seni, budaya dan pendidikan alternatif bagi anak-anak. Berdiri didasari oleh satu keprihatinan tentang kehidupan anak-anak Yogyakarta dan sekitarnya yang saat ini cenderung kehilangan ruang publik untuk bermain, belajar, dan tumbuh. Dirintis oleh beberapa relawan yang memiliki antusias dan kepedulian tinggi akan kehidupan anak-anak di sekitar, pendidikan moral dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam mainan dan permainan tradisional.

Pada akhir tahun 2007, mereka membentuk satu komunitas yang bernama Komunitas Kolong Tangga. Dan, pada tanggal 2 Februari 2008, resmi membuka sebuah museum mainan dan melegalisasi komunitas menjadi sebuah yayasan bernama YAYASAN DUNIA DAMAI.

100_1972

100_1965

Museum Anak Kolong Tangga

Gedung Taman Budaya Lantai 2 Jl. Sriwedani No. 01 Yogyakarta

Tlp. 08112633977 | Email : untuk_semua_anak@yahoo.com

 

6. SEKOLAH GAJAH WONG

Sekolah Gajahwong adalah sekolah yang dibangun dari semangat masyarakat miskin kota yang mencoba membangun sebuah tatanan masyarakat yang “ideal”. Berawal dari tahun 2001 satu-persatu masyarakat miskin kota yang tidak memiliki identitas serta tempat tinggal dan dengan pekerjaan sebagai PSK, Pemulung, pengamen, penjual koran mulai membangun gubuk-gubuk dibantaran sungai Gajahwong. Tahun 2006, karena kebutuhan tempat tinggal maka jumlah penghuni di wilayah kami menjadi semakin padat dan perlahan-lahan menjadi semakin dekat dengan mata pencaharian. Maka kami mulai bangkit, kami mulai menata lingkungan, struktur dan faktor-faktor pendukung agar arah kami semakin dekat menuju tatanan masyarakat yang “ideal” selayaknya masyarakat pada umumnya.

11099173_419236054906083_1130182489571974291_n

11182064_418955638267458_350410099110365782_n

 

FB: SEKOLAH GAJAHWONG

7.     KELAS INSPIRASI YOGYAKARTA

Bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa teman profesional yang ingin berkontribusi pada pendidikan Indonesia, lahirlah konsep Kelas Inspirasi.  Kelas Inspirasi sudah tersebar lebih dari 50 wilayah di Indonesia. Profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita.

Beberapa profesional yang pernah menjadi relawan KI Yogya: Alysia Wahid, Marzuki Jogja Hip Hop Foundation, Hery Zudianto, Chef Haryo, Laely Prahiningtyas (Dirut BUMN), Estelia (Putri Pariwisata 2015), dll

kelas-inspirasi

Fanpage

–     Twitter: @KI_Yogya

–     Facebook: Kelas Inspirasi Yogyakarta

–     Instagram: @KI_Yogya

 

 8.     GADJAH MADA MENGINSPIRASI

GM merupakan suatu wadah yang fokus pada pendidikan karakter guna membentuk dan menanamkan nilai-nilai positif pada anak didik. GM sendiri membuka banyak kesempatan untuk menjalin kerjasama atau bekerjasama dengan berbagai komunitas dan instansi terkait lainnya, baik dari dalam maupun luar universitas.

GM berbeda dengan komunitas lainnya yaitu karena Inspirasi. GM menginspirasi anak didik dan memposisikan diri sebagai acuan atau panutan yang juga mengontrol anak didik untuk menjadi pribadi yang lebih baik. GM menghadirkan suatu sistem pendidikan yang menjunjung tinggi kemampuan anak dan memberikan dorongan terhadap anak agar mereka aktif, kreatif, inovatif serta berwawasan tinggi.

 BoYnTYHCUAE_IS4

Twitter: @GMenginspirasi

Email: gmenginspirasi@gmail.com

 

 9.     SAUNG MIMPI

Berdiri sejak Mei 2013. Fokus pada pendidikan profesi kepada anak usia SD (Usia 6 – 12) di DIY dan sekitarnya. Saat ini kami menjalankan project di Samigaluh, Kulonprogo dengan total lebih dari 30 volunteer.

Ada 4 hal yang menjadi tujuan dari Saung Mimpi, yang pertama agar anak-anak mengenali berbagai macam profesi dan mau bereksperimen. Yang kedua yaitu memacu aktualisasi diri anak melalui public speaking. Yang ketiga dan keempat yaitu memberikan variasi belajar dan sarana hiburan positif di luar jam sekolah.

 arkeolog-saung-mimpi Twitter: @saungmimpi

Email: saungmimpi@gmail.com

HP: 085728759705

 

10.SAVE STREET CHILDREN JOGJA

Save Street Child Jogja atau yang dikenal dengan SSC Jogja adalah sebuah komunitas yang peduli terhadap isu/permasalahan anak jalanan di Kota Yogyakarta. Berawal dari gerakan twitter yang dipelopori oleh SSC Jakarta, SSC Jogja menjadi sebuah gerakan nyata pada tanggal 7 Agustus 2011.

 Save-Street-Child-Jogja-720x340

ž  Twitter          : @SSChildJogja

ž  Fb FanPage  : Save street Child Jogja

ž  Instagram     : @SSChildJogja

ž  Blog                : Savestreetchildjogja.blogspoot.com

ž  E-mail            : savestreetchildjogja@gmail.com

 

16 thoughts on “Buat Kamu Anak Jogja yang Ingin Mengabdi, 10 Komunitas ini Bisa Jadi Wadah Terbaikmu

  1. Info yang sangat bermanfaat
    Monggo gabung ten grup FB PAS JOGJA { Paguyuban Paseduluran Warga Yogyakarta } untuk berbagi manfaat

    Salam Pas
    GUYUB RUKUN ING NGENDI PAPAN

  2. sangat menginspirasi bgi sya, terlbih lgi sya bru di jogja dn sdng mncri kgitan sosial d luar wktu kerja. jika berkenan hub sya jka ada kegiatan/ssuatu yg bisa berkontrikusi terutama dlm bidang pendidikan dn medic.tks

    bbm : 7D87F332

  3. Kalau daftar jad relawan saat liburan semester aja bisa ga kak?
    Kebetulan hanya mahasiswa semarang yang ingin menetap di jogja selama libur semester nanti
    Mohon infonya hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *