[NEXT EVENT] #SELARAS EDISI KHUSUS Ft KEMANT, Memaknai “Ngondek” di Media: Antara Seksualitas dan Komoditas

23942
ABSTRAK
Beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan dengan meninggalnya Olga Syahputra. Tak lama setelah kematiannya, muncul cercaan dari Farhat Abbas di dunia maya yang mempertanyakan seksualitas Olga yang telah berstatus almarhum. Lepas dari orientasi seksualnya, kejadian ini seolah membuat banyak orang tersadar bahwa ternyata trend pembawa acara hiburan di televisi Indonesia selama ini seperti didominasi dengan gaya yang populer disebut dengan “ngondek”.
Bagaimana kita memaknai fenomena ini? Apakah ini bentuk komodifikasi atau bentuk penerimaan kita terhadap orang-orang dengan orientasi seksual yang berbeda (LGBT)? Apakah fenomena “ngondek” ini membantu mengekspos keberadaan mereka atau justru membatasi potensi orang-orang yang kita anggap “queer” ini? Bagaimana nasib orang-orang yang “ngondek” di luar panggung hiburan? Presentasi ini berusaha memproblematisir fenomena ini dengan menyandingkan representasi kaum “ngondek” ini di media dengan latar belakang sosio-kultural Indonesia di tengah reformasi dan Islamisasi.
(Keywords: Indonesia, media, LGBT, televisi, queer)

nb: Mengutip apa yang dikatakan oleh Sabrang Noe Letto bahwa dalam diskusi kita tidak mencari siapa yang benar, namun apa yang benar, maka datanglah dulu ke diskusi ini untuk bersama-sama belajar mencari solusi, daripada sekedar berasumsi bahwa diskusi ini adalah ajang guyon semata atau malah dianggap ajang merusak moral. Hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *