Postcrossing, dari Sabang sampai Merauke

Kantor pos mungkin bukanlah tempat favorit anak muda. Namun, bagi para anggota komunitas Postcrossing Indonesia, kantor pos merupakan tempat yang cukup sering dikunjungi. Kegiatan surat-menyurat yang sudah dianggap kuno oleh masyarakat malah menjadi hal rutin yang dilakukan  anggota komunitas ini.

Komunitas berbasis media online facebook ini mengumpulkan anggotanya dari Sabang sampai Merauke. Adalah Nanien, pendiri komunitas yang sudah ada sejak akhir tahun 2011. Namun, sampai sekarang, Fatimah Zahra yang menjadi pengurus tetap komuntas ini. Melalui komunitas Postcrossing Indonesia inilah pengiriman kartu pos dilestarikan. Berawal dari sebuah situs www.postcrossing.com yang menawarkan sistem bertukar kartu pos secara menarik dan mudah, mulai banyak generasi muda yang tergabung di dalamnya.

Motivasinya bermacam-macam; beberapa diantaranya seperti, sebagai hobi, mengumpulkan relasi, melestarikan sistem surat-menyurat, belajar bahasa asing, dan juga menambah wawasan. Pengirim kartu pos disebut postcrosser, sedangkan kartu pos sendiri disebut pc. Menurut Yanita Dwi, salah satu anggota komunitas Postcrossing Indonesia, berurusan dengan kartu pos itu sangatlah menyenangkan.

“Kalau kartu pos nyampek, rasanya seneng banget. Apalagi pas deg-degan nunggu dapet kartu pos, kayak orang nungguin dijemput pacar buat pergi kencan,” ujarnya.

Selain mengumpulkan orang-orang Indonesia yang tergabung dalam www.postcrossing.com, komunitas ini juga mengadakan kegiatan lain. Beberapa diantaranya seperti gathering, pameran kartu pos, juga memfasilitasi jual-beli kartu pos secara online. Sampai saat ini, anggota yang telah terdaftar dalam komunitas Postcrossing Indonesia ini sekitar 800an orang. Meskipun kenaikan tarif pengiriman kartu pos telah berlaku, anggota komunitas ini tidak pernah menurun.

“Semoga kantor pos tetap lestari dan makin banyak yang ikut jadi postcrosser. Dan semoga pelayanan kantor pos semakin ditingkatkan,” pungkas Zahra. (Media/Ucig)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *